Jumat, 20 Februari 2009

Penemuan Batu Aneh

BATU aneh seberat sekitar 15 kg yang menyerupai emas putih ditemukan di dasar Sungai Ciasem, Kabupaten Subang. Penemu benda tersebut adalah Tarsim (60), warga Kampung Karang Cegak RT 09 RW 13, Desa Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat, Subang. Penemuan itu mengundang rasa penasaran warga yang terus-menerus berdatangan ke rumah Tarsim.

Menurut anak Tarsim, Dastim (30) yang ditemui Kamis lalu (31/7), benda yang berbunyi nyaring jika dipukul itu sempat digergaji dan mengeluarkan bubuk seperti logam. "Kalau memang besi, kok warnanya putih," kata Dastim. Tarsim menemukannya saat mencari kayu di Sungai Ciasem. Benda berbentuk setengah lingkaran dengan panjang 50 cm dan tinggi 15 cm itu terinjak olehnya.

Kepala Seksi Museum Kepurbakalaan, Sejarah, dan Nilai Tradisional Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang, M. Kadar Hendarsyah yang ditemui terpisah, menyatakan belum mendapat laporan tentang adanya benda tersebut. Meski demikian, ia mengatakan akan segera melihat kalau-kalau benda tersebut termasuk benda cagar alam yang harus dilestarikan.

"Kami telah mengontak ke Balai Arkeologi Bandung dan akan menindaklanjutinya," kata Kadar. Dia menyebutkan, kalau benda yang menjadi tontonan itu termasuk benda cagar alam, pihaknya akan segera mengamankannya untuk negara. Tapi bila bukan, akan dikembalikan kepada penemunya sebagaimana yang pernah ditemukan warga di Cintamekar, Sagalaherang, beberapa waktu lalu. (JU-14)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar