Jumat, 20 Februari 2009

Pasangan Tertua di Dunia Menikah

Cinta tidak mengenal usia. Ungkapan ini tampaknya cocok bagi Pan Xiting yang berusia 106 tahun dan Chen Adi yang berusia 81 tahun. Keduanya bertemu delapan tahun lalu. Sejak saat itu, Chen merawat Pan. Dari sinilah bibit cinta mulai tumbuh.

Setelah masing-masing pasangan mereka meninggal tahun lalu, Pan dan Chen pun akhirnya menikah. Pernikahan mereka dilangsungkan di kota pelabuhan Wenzhou, Jumat (19/10). Demikian dilaporkan Kantor Berita Xinhua, Sabtu (20/10). "Sekarang kami telah membentuk sebuah keluarga dan kami tidak akan pernah terpisahkan satu sama lain hingga ajal memisahkan kami," ujar Pan, pengantin pria. Xinhua melaporkan, ada sedikit hambatan ketika kedua sejoli itu hendak menikah.

Pasalnya, kartu tanda penduduk Chen telah lama hilang. Untung saja, para pejabat lokal terketuk hatinya untuk menolong keduanya sehingga pernikahan dapat dilangsungkan. "Kami yakin Ibu Chen lebih berarti dari sekadar teman bagi Tuan Pan dan kami berharap mereka akan menempuh perkawinan yang bahagia," kata Zheng Guangliang, Wakil Direktur Biro Catatan sipil Distrik Lucheng.

Pasangan itu merupakan salah satu pasangan paling tua yang pernah menikah di dunia. Pada tahun 2002, Francois Fernandez (96) dan Madeleine Francineau (94) mengikat janji perkawinan di rumah peristirahatan mereka di Le Foyer du Romarin, Clapiers, Perancis.

Mereka adalah pasangan tertua yang tercatat dalam Guinness Book of World Record. Jumlah total usia pasangan itu adalah 190 tahun atau tiga tahun lebih banyak dari jumlah total usia Chen dan Pan. Siapa lagi manula yang ingin tercatat sebagai pasangan tertua?[kmp/jul].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar